Oleh : Tb. Ai Munandar
Pendahuluan
AHP merupakan sebuah model pendukung keputusan yang menguraikan permasalahan bersifat multi kriteria yang kompleks menjadi sebuah hirarki. Model ini dikembangkan oleh Thomas L. Saaty, seorang Professor matematika dari University of Pittsburg.
Hirarki sendiri diartikan sebagai representasi sebuah permasalahan yang kompleks dari suatu struktur multi level, dimana level pertama adalah tujuan, yang diikuti level faktor, kriteria, sub kriteria dan seterusnya ke bawah hingga level terakhir dari alternatif. Permasalahan yang kompleks dikelompokkan dalam bentuk hirarki sehingga permasalahan lebih terstruktur dan sistematis.
Tahapan-tahapan AHP
1. Definisikan masalah untuk menentukan solusi yang diinginkan
Pada tahap ini dilakukan penentuan masalah yang akan dipecahkan secara jelas, detil dan mudah untuk dipahami sehingga mampu menentukan kemungkinan solusi yang tepat/cocok.
2. Membuat struktur hirarki yang yang diawali dengan tujuan utama
Setelah tahap pertama telah didefinisikan, selanjutnya adalah menyusun permasalahan ke dalam bentuk hirarki, dimana hirarki paling atas (level pertama) merupakan tujuan (goal) nya, yang diikuti dengan alternatif-alternatif pada level di bawahnya (level kedua). Definisikan setiap alternatif menjadi kriteria-kriteria tertentu sebagai pendukung alternatif yang ada (pada level ketiga). Jika memungkinkan, susun sub kriteria pada level di bawahnya (level – n). Berikut ini bentuk hirarki secara umum dari model AHP :
Gambar 1. Struktur hirarki model AHP |
3. Membuat matriks perbandingan berpasangan yang menggambarkan pengaruh setiap elemen terhadap tujuan atau kriteria yang setingkat di atasnya.
Pada tahap ini, dilakukan penyusunan matrik perbandingan berpasangan (pairwise comparation) terhadap struktur hirarki yang sudah terbentuk. Perbandingan dilakukan berdasarkan judgment dari pengambil keputusan dengan menilai tingkat kepentingan dari suatu elemen dibandingkan dengan elemen lainnya. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perbandingan berpasangan kriteria dari level kedua yang mendukung tujuan (goal) dari permasalahan yang telah didefinisikan sebelumnya. Selanjutnya mengambil level di bawahnya untuk dibandingkan.
Berikut ilustrasi pembentukan matriks perbandingan berpasangan berdasarkan gambar 1. :
6. Ulangi langkah 3 -5 untuk seluruh tingkat hirarki
7. Lakukan proses Overall Composite Weight dengan cara menghitung Composite Weight yang diperoleh dari hasil penjumlahan terhadap perkalian setiap nilai Priority Vector alternatif dengan nilai Priority Vector kriteria.
CONTOH KASUS MENGGUNAKAN AHP
Seorang eksekutif muda akan membeli sebuah mobil mewah sesuai dengan kriteria yang diharapkannya. Ada empat kriteria utama dalam pemilihan mobil nantinya, yaitu, dilihat dari Price, MPG, Comfort dan Style. Saat ini ada tiga buah alternatif mobil mewah pilihan yang menjadi incarannya. Dengan menggunakan AHP, tentukan alternatif apa yang bisa dipilih sang eksekutif muda saat akan membeli mobil kesukaannya.
Penyelesaian :
- Buatkan struktur hirarki permasalahan, sehingga diperoleh hirarki sebagai berikut :
- Buatkan matriks perbandingan berpasangan kemudian tentukan nilai-nilainya sesuai dengan skala yang telah ditentukan. Berikut adalah matriks perbandingan berpasangan untuk elemen kriteria
Pair comparation matriks | ||||
Kriteria | Price | MPG | Comfort | Style |
Price | 1 | 3 | 2 | 2 |
MPG | 1 | 0,25 | 0,25 | |
Comfort | 1 | 0,5 | ||
Style | 1 | |||
Jumlah Total |
- Untuk nilai pada segitiga atas (warna kuning), ditentukan menurut skala matriks perbandingan dengan melihat tingkat kepentingan antara saru kriteria dengan kriteria yang lain. Sedangkan untuk nilai pada segitiga bawah (warna abu-abu), diperoleh dengan membandingkan kebalikan dari nilai alternatif pada segitiga atas (warna kuning), sehingga diperoleh nilai matriks segitiga bawah sebagai berikut :
Pair comparation matriks | ||||
Kriteria | Price | MPG | Comfort | Style |
Price | 1 | 3 | 2 | 2 |
MPG | 0,333333 | 1 | 0,25 | 0,25 |
Comfort | 0,50 | 4,00 | 1 | 0,5 |
Style | 0,50 | 4,00 | 2 | 1 |
Jumlah Total | 2,33 | 12,00 | 5,25 | 3,75 |
- Baris Jumlah Total (warna orange), merupakan hasil penjumlahan setiap kolom dari masing-masing kriteria. Selanjutnya hitung nilai matriks normalisasi dengan membagi nilai-nilai untuk setiap kolom dengan total kolom yang diperoleh, sehingga didapatkan matriks normalisasi sebagai berikut :
Matriks Normalisasi | ||||
Price | MPG | Comfort | Style | |
Price | 0,428571 | 0,25 | 0,380952 | 0,533333 |
MPG | 0,142857 | 0,083333 | 0,047619 | 0,066667 |
Comfort | 0,214286 | 0,333333 | 0,190476 | 0,133333 |
Style | 0,214286 | 0,333333 | 0,380952 | 0,266667 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,00 |
- Kemudian hitunglah nilai Priority Vectoruntuk setiap baris kriteria dengan menjumlahkan nilai-nilai dari setiap baris nilai matriks normalisasi dan membaginya dengan jumlah elemen (dalam hal ini jumlah elemen/kriteria adalah 4), sehingga diperoleh nilai Priority Vector sebagai berikut :
Matriks Normalisasi | |||||
Price | MPG | Comfort | Style | Priority Vector | |
Price | 0,428571 | 0,25 | 0,380952 | 0,533333 | 0,3982 |
MPG | 0,142857 | 0,083333 | 0,047619 | 0,066667 | 0,0851 |
Comfort | 0,214286 | 0,333333 | 0,190476 | 0,133333 | 0,2179 |
Style | 0,214286 | 0,333333 | 0,380952 | 0,266667 | 0,2988 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 0,7012 |
- Selanjutnya melakukan perhitungan Principal Eigen Value dan Consistency Index untuk menentukan bobot Consistency Ration,sehingga diperoleh nilai sebagai berikut :
Matriks Normalisasi | |||||
Price | MPG | Comfort | Style | Priority Vector | |
Price | 0,428571 | 0,25 | 0,380952 | 0,533333 | 0,3982 |
MPG | 0,142857 | 0,083333 | 0,047619 | 0,066667 | 0,0851 |
Comfort | 0,214286 | 0,333333 | 0,190476 | 0,133333 | 0,2179 |
Style | 0,214286 | 0,333333 | 0,380952 | 0,266667 | 0,2988 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 0,7012 |
Principal Eigen Value l max | 4,2149 | ||||
Consistency Index CI | 0,0716 | ||||
Consistency Ratio CR (%) | 7,96% |
- Principal Eigen Value l max, diperoleh dengan menjumlahkan hasil perkalian antara nilai/bobot pada kolom Priority Vektor dengan nilai pada baris Jumlah Total. Consistency Index CI diperoleh dengan persamaan CI=(lmax-n)/(n-1), dalam hal ini, nilai n=4. Consistency Ratio CR (%) diperoleh dengan persamaan CR = CI/IR.
- Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai CR < 10%, sehingga masih bisa diterima.
- b. Berikut adalah matrik perbandingan berpasangan untuk elemen alternatif. Perhitungan yang dilakukan sama dengan langkah pada 2.a, sehingga diperoleh matriks sebagai berikut :
Car A | Car B | Car C | |
Car A | 1 | 2 | 8 |
Car B | 0,5 | 1 | 6 |
Car C | 0,13 | 0,17 | 1 |
Jumlah Total | 1,63 | 3,17 | 15,00 |
- Nilai matriks normalisasi diperoleh sebagai berikut :
Car A | Car B | Car C | |
Car A | 0,615385 | 0,631579 | 0,533333 |
Car B | 0,307692 | 0,315789 | 0,4 |
Car C | 0,076923 | 0,052632 | 0,066667 |
Jumlah Total | 1.00 | 1.00 | 1.00 |
- Nilai Priority Vector diperoleh sebagai berikut :
Car A | Car B | Car C | Priority Vector | |
Car A | 0,615385 | 0,631579 | 0,533333 | 0,5934 |
Car B | 0,307692 | 0,315789 | 0,4 | 0,3412 |
Car C | 0,076923 | 0,052632 | 0,066667 | 0,0654 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,0000 |
- Nilai Principal Eigen Value dan Consistency Index serta bobot Consistency Ration, diperoleh sebagai berikut :
Car A | Car B | Car C | Priority Vector | |
Car A | 0,615385 | 0,631579 | 0,533333 | 0,5934 |
Car B | 0,307692 | 0,315789 | 0,4 | 0,3412 |
Car C | 0,076923 | 0,052632 | 0,066667 | 0,0654 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,0000 |
Principal Eigen Value lmax | 3,0258 | |||
Consistency Index CI | 0,0129 | |||
Consistency Ratio CR (%) | 2,22% |
- c. Selanjutnya lakukan hal yang sama untuk setiap kriteria terhadap alternatif yang ada, sehingga diperoleh sebagai berikut ;
1) Kriteria Price terhadap setiap alternatif
Nilai matriks perbandingan yang ditentukan :
Price | Car A | Car B | Car C |
Car A | 1 | 0,33333333 | 0,25 |
Car B | 3 | 1 | 0,5 |
Car C | 4,00 | 2,00 | 1 |
Jumlah Total | 8,00 | 3,33 | 1,75 |
Matriks normalisasi :
Price | Car A | Car B | Car C |
Car A | 0,125 | 0,1 | 0,142857 |
Car B | 0,375 | 0,3 | 0,285714 |
Car C | 0,5 | 0,6 | 0,571429 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 |
Nilai Priority Vector yang diperoleh :
Price | Car A | Car B | Car C | Priority Vector |
Car A | 0,125 | 0,1 | 0,142857 | 0,1226 |
Car B | 0,375 | 0,3 | 0,285714 | 0,3202 |
Car C | 0,5 | 0,6 | 0,571429 | 0,5571 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,0000 |
Nilai Principal Eigen Value dan Consistency Index serta bobot Consistency Ration, diperoleh sebagai berikut :
Price | Car A | Car B | Car C | Priority Vector |
Car A | 0,125 | 0,1 | 0,142857 | 0,1226 |
Car B | 0,375 | 0,3 | 0,285714 | 0,3202 |
Car C | 0,5 | 0,6 | 0,571429 | 0,5571 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,0000 |
Principal Eigen Value l max | 3,0234 | |||
Consistency Index CI | 0,0117 | |||
Consistency Ratio CR (%) | 2,02% |
2) Kriteria MPG terhadap setiap alternatif
Nilai matriks perbandingan yang ditentukan :
MPG | Car A | Car B | Car C |
Car A | 1 | 0,25 | 0,166667 |
Car B | 4 | 1 | 0,333333 |
Car C | 6,00 | 3,00 | 1 |
Jumlah Total | 11,00 | 4,25 | 1,50 |
Matriks normalisasi :
Car A | Car B | Car C | |
Car A | 0,090909 | 0,058824 | 0,111111 |
Car B | 0,363636 | 0,235294 | 0,222222 |
Car C | 0,545455 | 0,705882 | 0,666667 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 |
Nilai Priority Vector yang diperoleh :
Car A | Car B | Car C | Priority Vector | |
Car A | 0,090909 | 0,058824 | 0,111111 | 0,0869 |
Car B | 0,363636 | 0,235294 | 0,222222 | 0,2737 |
Car C | 0,545455 | 0,705882 | 0,666667 | 0,6393 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,0000 |
Nilai Principal Eigen Value dan Consistency Index serta bobot Consistency Ration, diperoleh sebagai berikut :
Car A | Car B | Car C | Priority Vector | |
Car A | 0,090909 | 0,058824 | 0,111111 | 0,0869 |
Car B | 0,363636 | 0,235294 | 0,222222 | 0,2737 |
Car C | 0,545455 | 0,705882 | 0,666667 | 0,6393 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,0000 |
Principal Eigen Value l max | 3,0787 | |||
Consistency Index CI | 0,0394 | |||
Consistency Ratio CR (%) | 6,79% |
3) Kriteria Comfort terhadap setiap alternatif
Nilai matriks perbandingan yang ditentukan :
Comfort | Car A | Car B | Car C |
Car A | 1 | 2 | 8 |
Car B | 0,5 | 1 | 6 |
Car C | 0,13 | 0,17 | 1 |
Jumlah Total | 1,63 | 3,17 | 15,00 |
Matriks normalisasi :
Car A | Car B | Car C | |
Car A | 0,615385 | 0,631579 | 0,533333 |
Car B | 0,307692 | 0,315789 | 0,4 |
Car C | 0,076923 | 0,052632 | 0,066667 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 |
Nilai Priority Vector yang diperoleh :
Car A | Car B | Car C | Priority Vector | |
Car A | 0,615385 | 0,631579 | 0,533333 | 0,5934 |
Car B | 0,307692 | 0,315789 | 0,4 | 0,3412 |
Car C | 0,076923 | 0,052632 | 0,066667 | 0,0654 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,0000 |
Nilai Principal Eigen Value dan Consistency Index serta bobot Consistency Ration, diperoleh sebagai berikut :
Car A | Car B | Car C | Priority Vector | |
Car A | 0,615385 | 0,631579 | 0,533333 | 0,5934 |
Car B | 0,307692 | 0,315789 | 0,4 | 0,3412 |
Car C | 0,076923 | 0,052632 | 0,066667 | 0,0654 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,0000 |
Principal Eigen Value l max | 3,0258 | |||
Consistency Index CI | 0,0129 | |||
Consistency Ratio CR (%) | 2,22% |
4) Kriteria Style terhadap setiap alternatif
Nilai matriks perbandingan yang ditentukan :
Style | Car A | Car B | Car C |
Car A | 1 | 0,33333333 | 4 |
Car B | 3 | 1 | 7 |
Car C | 0,25 | 0,14 | 1 |
Jumlah Total | 4,25 | 1,48 | 12,00 |
Matriks normalisasi :
Car A | Car B | Car C | |
Car A | 0,235294 | 0,225806 | 0,333333 |
Car B | 0,705882 | 0,677419 | 0,583333 |
Car C | 0,058824 | 0,096774 | 0,083333 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 |
Nilai Priority Vector yang diperoleh :
Car A | Car B | Car C | Priority Vector | |
Car A | 0,235294 | 0,225806 | 0,333333 | 0,2648 |
Car B | 0,705882 | 0,677419 | 0,583333 | 0,6555 |
Car C | 0,058824 | 0,096774 | 0,083333 | 0,0796 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,0000 |
Nilai Principal Eigen Value dan Consistency Index serta bobot Consistency Ration, diperoleh sebagai berikut :
Car A | Car B | Car C | Priority Vector | |
Car A | 0,235294 | 0,225806 | 0,333333 | 0,2648 |
Car B | 0,705882 | 0,677419 | 0,583333 | 0,6555 |
Car C | 0,058824 | 0,096774 | 0,083333 | 0,0796 |
Jumlah Total | 1,00 | 1,00 | 1,00 | 1,0000 |
Principal Eigen Value l max | 3,0489 | |||
Consistency Index CI | 0,0244 | |||
Consistency Ratio CR (%) | 4,21% |
- Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah proses Overall Composite Weight dengan cara menghitung Composite Weight yang diperoleh dari hasil penjumlahan terhadap perkalian setiap nilai Priority Vectoralternatif dengan nilai Priority Vector kriteria, sehingga diperoleh hasil akhir perangkingan sebagai berikut :
Overall Composite Weight | ||||
Weight | Car A | Car B | Car C | |
Price | 0,3982 | 0,1226 | 0,3202 | 0,5571 |
MPG | 0,0851 | 0,0869 | 0,2737 | 0,6393 |
Comfort | 0,2179 | 0,5934 | 0,3412 | 0,0654 |
Style | 0,2988 | 0,2648 | 0,6555 | 0,0796 |
Composite Weight (CW) | 0,2646 | 0,3987 | 0,3427 |
Keterangan :
Kolom Weight diperoleh dari nilai Priority Vector masing-masing kriteria, sedangkan untuk Alternatif, nilai-nilai yang ada diambil dari nilai priority vector setiap alternatif terhadap kriterianya, sedangkan untuk Composite Weight (CW) diperoleh dari hasil penjumlahan terhadap perkalian elemen Weight dengan nilai Priority Vector setiap alternatif.
Hasil perhitungan di atas menunjukkan perangkingan akhir sebagai berikut :
Car A : 0,2646 (alternatif ke 3)
Car B : 0,3987 (alternatif ke 1)
Car C : 0,3427 (alternatif ke 2)
0 komentar:
Post a Comment